10 Misi Rahasia pada Perang Dunia 2 yang merubah arah jalannya perang (The Untold Missions)

>> Friday, July 19, 2013

Perang Dunia kedua, adalah perang terbesar dalam sejarah manusia, perang yang melibatkan jutaan manusia dengan skala yang tidak bisa ditentukan, yang terjadi hampir diseluruh belahan dunia. Namun Perang Dunia II bukanlah perang yang hanya melibatkan beradunya para prajurit dan mesin-mesin tempur dari industri perang semata. 

PD 2 juga memunculkan strategi perang jenis baru yang dioperasikan oleh pasukan khusus yaitu: misi dan operasi rahasia. Meskipun perang ini dilakukan secara tersembunyi namun hasil yang dicapai jika mission accomplished dapat disamakan dengan perang terbuka, yang mampu merubah arah jalannya perang atau bahkan dapat menimbulkan rentetan peristiwa yang berskala masif yang mampu mempengaruhi hal-hal lainnya. Pasukan khusus bertempur dengan penuh keberanian, bergantung kepada kemampuan dan keahlian individu dalam menghadapi bahaya disekitarnya. Sehingga Adol Hitler sendiri memerintahkan untuk mengeksekusi setiap personil komando yang tertangkap, artinya bagi personil komando atau pasukan khusus akan menghadapi bahaya maut jika tertangkap atau menyerah.

Pada masa sekarang munculnya badan-badan intelijen jika ditelusur akan berakar pada pasukan komando Inggris pada masa PD 2 yang dibentuk oleh Perdana Menteri Winston Churchill, dan OSS (Office of Strategic Services) dari Amerika yang dikemudian hari berubah menjadi CIA.

Pasukan Komando Inggris sedang berlatih sebelum diterjunkan digaris belakang musuh


dan dari keseluruhan pasukan khusus yang muncul sekarang merupakan sumber inspirasinya adalah pasukan SAS Inggris yang dibentuk dari medan perang Afrika Utara 1941. Berikut adalah 10 misi yang jarang diungkap ketika berkecamuknya Perang Dunia 2 diterjemahkan dari sumber All About History vol. 1 year 2013.

I. OPERATION PASTORIUS - invasi Nazi ke daratan Amerika
Pelaksanaan operasi adalah Mei - Juni 1942, dengan misi utama melakukan sabotase sasaran yang memiliki nilai ekonomi serta menghalagi pihak Amerika untuk terlibat dalam perang. Target meliputi pembangkit tenaga air (Hydroelectric) di air terjun Niagara, Stasiun Pennsylvania dan Pabrik aluminium di illinois. 


Tanggal 25 Mei 1942, dua kapal selam Nazi U-boat berlayar ke arah daratan Amerika Serikat, dengan tujuan pantai Long Island dan pantai Ponte Vedra di Florida.Masing-masing membawa 4 agen Nazi dengan misi menghancurkan industri dan infrastrtuktur vital Amerika Serikat, diantara mereka terdapat dua orang berkebangsaan Amerika yaitu, Ernst Burger dan Herbert Haupt sisanya yang 6 orang meskipun orang Jerman namun pernah bekerja di Amerika sebelum perang pecah. Delapan agen tersebut membawa serta peledak dengan detonatornya, serta uang 175.000 US Dollar. 

Agen Burger dan agen George John Dasch, memutuskan untuk membelot segera begitu mereka mendarat. Dasch langsung menuju ke Washington DC kemudian menyerahkan diri kepada FBI yang pada mulanya melepaskannya karena dianggap gila, Dasch kemudian menunjukkan uang sebanyak 84.000 $, ia lalu ditahan dan diinterogasi. 
Dua minggu kemudian dua agen lagi berhasil ditangkap dan menghadapi persidangan. Secara keseluruhan delapan agen ini kemudian dijatuhi hukuman mati kursi listrik, termasuk agen Burger dan Dasch, namun kemudian presiden Theodore Roosevelt memberikan keringanan kepada kedua agen tersebut penjara 30 tahun yang kemudian setelah bebas mereka hidup layak. Sedangkan agen yang lainnya dieksekusi dipenjara Washington DC. Ketika perang berakhir presiden Roosevelt memberikan grasi bersyarat kepada Burger dan Dasch yang kemudian memilih kembali ke Jerman.

Operasi Pastorius gagal total bagi Nazi Jerman, tak ada satu targetpun yang berhasil dihancurkan, seluruh agen berhasil diringkus, hanya dua yang selamat itupun setelah presiden Roosevelt sendiri turun tangan..............bersambung berikutnya The Tizard Mission

0 comments:

Special Forces Blog

Blog yang khusus dibuat untuk memberikan pencerahan dan informasi yang berhubungan dengan pasukan khusus, dengan tujuan memperkaya pengetahuan secara online yang dapat dibagi serta sebagai variasi yang akan memperkaya khazanah blog content di Indonesia

Sniper in Action (the essentials elements of surprise)

Loading...

  © Blogger templates Ugik013 Thanks to Ourblogtemplates.com Created in 2009

Back to TOP