Silent and Deadly Warrior=Sniper Elite

>> Friday, October 9, 2009


prajurit sniper (penembak runduk), merupakan salah satu elemen penting dalam satuan khusus, yang menekankan pada filosofi 'one man army'. Kemampuan utamanya dalam olah senjata tidak diragukan lagi karena memang kualifikasi yang dimilikinya adalah mahir menembak. Sejarah penembak runduk diwarisi dari para pemburu yang mampu secara senyap mendekati mangsanya. Karakteristik prajurit sniper adalah:
  1. Kemampuan psikologisnya yang mampu bertahan hidup dalam medan yang berat secara individu, mampu mengambil keputusan cepat, memiliki emosi yang stabil, dan bisa dikatakan hampir semua inderanya terlatih dengan baik. Seorang sniper tidak akan mudah terintimidasi oleh propaganda musuh. Misalnya dalam hal tertangkap kemudian diinterogasi tidak mudah bagi seorang interogator untuk menggali dalam-dalam apa yang ada dipikirannya, Pelatihan menghadapi interogasi yang berat merupakan menu utama, karena pada awalnya seorang sniper juga memiliki beban tugas sebagai reconaissance scout, yang menyusup jauh ke wilayah musuh melakukan misi pengintaian sehingga segala informasi yang didapatnya harus dijaganya rapat-rapat.
  2. Kemampuan fisik, tugas berat seorang sniper yang harus melakukan misi pengintaian terkadang memakan waktu yang lama, sedangkan sebagai seorang pengintai ia harus menyesuaikan beban perbekalan yang dibawanya karena dia juga harus bergerak dengan cepat untuk mengelabui lawan serta menentukan posisi yang dirasanya aman untuk melakukan pengintaian dan penyusupan maupun jalur untuk menyelamatkan diri. Dengan demikian kemampuan 'jungle survival' adalah harga mati yang harus dimiliki. Ia mampu membuat jebakan baik untuk bertahan hidup maupun untuk menahan gerak laju patroli yang memburunya. Kemampuannya dalam memanfaatkan segala yang tersedia di alam menjadikan dirinya mampu 'blending' dengan lingkungannya. Dalam hal ini penggunaan 'ghillie suits' sangat berguna untuk mengkamuflase/menyamarkan keberadaannya agar tidak mudah terdeteksi oleh patroli lawan.
  3. Pernafasan, emosi yang stabil daya tahan fisik yang prima menjadikannya 'the effective killing machine' karena daya konsentrasi sangat fokus, sehingga kemungkinan meleset dalam membidik target bisa diminimalisir. Kemampuan mengatur dan menjaga pernafasan adalah untuk memstabilkannya dalam membidik sasaran serta konsentrasi. Sehingga dukungan keterampilan berenang dan menyelam adalah mutlak harus dikuasai.

0 comments:

Special Forces Blog

Blog yang khusus dibuat untuk memberikan pencerahan dan informasi yang berhubungan dengan pasukan khusus, dengan tujuan memperkaya pengetahuan secara online yang dapat dibagi serta sebagai variasi yang akan memperkaya khazanah blog content di Indonesia

  © Blogger templates Ugik013 Thanks to Ourblogtemplates.com Created in 2009

Back to TOP