Military Haircut

>> Saturday, December 26, 2009



Jika anda sudah menonton film 'jarhead', istilah ini digunakan untuk menyebut personel marinir di lingkungan Angkatan Bersenjata Amerika, untuk kepala yang plontos dengan menyisakan sedikit rambut dikepala bagian depan. Tentunya kita tahu bahwa hampir sebagian besar prajurit militer berambut cepak, namun pernahkah anda bertanya mengapa mereka harus berambut cepak? karena tuntutan seragam, kode etik, aturan atau hal lain.

Personel militer wajib berambut cepak, karena hal ini akan sangat memegang peran penting didalam melaksanakan tugasnya terutama dilapangan medan pertempuran, sesuai dengan tugasnya, rambut yang panjang tidak akan mengganggu ketika membidik, menyiapkan peralatan dalam waktu singkat dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan personel wanita, apakah mereka juga diwajibkan berambut cepak? Jika diperhatikan personel wanita pada hakekatnya juga tanpa perkecualian, namun karena personel wanita tidak semuanya ditempatkan sebagai kombatan, maka ada yang menetapkan aturan tertentu mengenai panjang rambutnya. Artinya disesuaikan dengan tugasnya.

Sedangkan bagi para pria, hukumnya wajib, hal ini terkait dengan cerita sejarah mengenai metode penyusupan yang dilakukan oleh pihak lawan ketika melakukan infiltrasi, agar dapat menjaga unsur pendadakan maka penyusupan lebih banyak menggunakan pisau sebagai senjata utama disamping senjata berperedam namun penggunaannya dibatasi karena resiko terjadi ricochet ketika ditembakkan akan menjadikan misi infiltrasi menjadi gagal.

Metode mengeliminasi sasaran dengan menggunakan pisau, pada awalnya adalah dengan cara menarik rambut si penjaga kebelakang kemudian si operator dengan mudah menggorok leher si penjaga. Inilah salah satu alasan mengapa prajurit militer kombatan harus berambut cepak.

0 comments:

Special Forces Blog

Blog yang khusus dibuat untuk memberikan pencerahan dan informasi yang berhubungan dengan pasukan khusus, dengan tujuan memperkaya pengetahuan secara online yang dapat dibagi serta sebagai variasi yang akan memperkaya khazanah blog content di Indonesia

  © Blogger templates Ugik013 Thanks to Ourblogtemplates.com Created in 2009

Back to TOP